Friday, January 17, 2014

Bahaya Terlalu lama Duduk


Selamat malam rekan-rekan OPS.. Kabar buruk terutama bagi Anda Operator Sekolah (OPS) atau  Pegawai kantoran, di mana anda harus duduk berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Duduk terlalu lama sangat berisiko terhadap kesehatan Anda. Bahaya terlalu lama duduk bisa menyebabkan nyeri pada punggung

Memahami Nyeri Pada Punggung
Apa sebenarnya penyakit nyeri punggung itu ? Nyeri punggung (back pain) merupakan salah satu cedera fisik yang paling umum. Penyakit ini tidak hanya mungkin terjadi pada mereka yang pekerjaannya selalu mengangkat benda-benda berat. Anda juga akan berisiko mengalami penyakit ini jika anda harus duduk di depan komputer sepanjang hari, atau anda berdiri untuk periode waktu yang lama. Hal yang lebih buruk lagi adalah bahwa nyeri punggung bisa berakibat serius.

Walaupun kursi Anda mahal, nyaman dan ergonomis, namun kursi tersebut bisa berdampak buruk bagi punggung jika Anda terbiasa duduk seharian tanpa jeda. Posisi duduk bukan cuma mengurangi sirkulasi darah ke bagian discus atau bantalan tulang belakang, tetapi duduk juga memberikan tekanan 30 persen lebih besar pada tulang belakang dibandingkan saat kita berdiri atau berjalan.
Karena itu jika pekerjaan mengharuskan Anda lebih banyak duduk, lakukan peregangan dan berjalanlah setiap satu jam.

 Penyebab Timbulnya Rasa Nyeri Pada Punggung ?
  1. Duduk membungkuk Duduk, dengan punggung melengkung dalam waktu lama akan menyebabkan tulang lumbal tidak tersangga dengan baik sehingga tekanan pada diskus semakin besar. “Akan tetapi tekanan paling besar pada diskus terjadi ketika kita dalam posisi duduk kemudian dalam posisi miring hendak mengambil sesuatu dari lantai. Karena itu jika ingin memungut sesuatu berdirilah dulu baru berjongkok untuk mengambilnya. 
  2. Merokok Merokok akan menyebabkan diskus memburuk dengan cepat, Diskus atau bantalan tulang ini memiliki dinding fibrosa di bagian luar yang melindungi gel di dalamnya.
  3. Memilintir pinggang Semua gerakan, yang melibatkan rotasi di bagian perut atas secara berulang-ulang akan menyebabkan trauma mikro pada tulang punggung bawah. Kerusakan ini akan berakumulasi dan beresiko menyebabkan kerusakan di kemudian hari.
  4. Kurang tidur, Diskus tulang belakang tidak memiliki pembuluh darah sehingga mereka tidak mendapat cukup nutrisi. Akibatnya diskus lebih rentan retak dan dehidrasi. Usahakan untuk tidur cukup minimal 7 jam setiap malam karena di malam hari diskus akan terhidrasi kembali.
Risiko yang mungkin bisa terjadi jika Anda duduk terlalu lama yakni 8 hingga 10 jam dengan posisi yang sama:

  1. Sakit punggung Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah terasanya sakit pada punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.
  2. Gangguan fungsi metabolisme tubuhMenurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi peningkatan kolesterol dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.
  3. Meningkatnya resiko diabetes Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, maka siap-siap untuk terkena penyakit ini. Kenapa? Karena duduk terlalu lama mengurangi kerja tubuh kita yang seharusnya membakar gula dalam tubuh untuk dijadikan tenaga. Jika gula dalam tubuh ini tidak banyak dibakar, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. 
  4. Nyeri di leher Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang. 
  5. Mati muda Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Anda duduk, maka semakin pendek pula usia Anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Resiko yang terjadi adalah Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Namun dari semua kabar buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :

  1. Minumlah lebih banyak air Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan “memaksa” Anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan Anda untuk sering pergi ke toilet. 
  2. Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan. Anda bisa sesekali memutar lengan Anda atau menggerakkan kepala Anda. 
  3. Gunakan tangga Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian “olahraga ringan”. Aktivitas ini dapat membuat tubuh Anda lebih bugar. 
  4. Gunakan meja yang fleksibel Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

Intinya, perbanyaklah bergerak dan berdiri.  Sering pula berolahraga tiap pekan.


 Sumber : Dikumpulkan dari berbagai sumber

Artikel Terkait
Comments
0 Comments

0 komentar:

Pilih Berita