Tuesday, January 28, 2014

MENGUBAH UKURAN GAMBAR dengan PAIN

Selamat malam para Operator Sekolah (OPS) dimanapun anda berada & salam kenal buat anda. Postingan ini buat sebahagian teman  yg masih bingung bagaimana cara mengubah ukuran gambar memperbesar atu memperkecil ukuran gambar.  

Edit gambar atau foto biasanya  untuk membuat kreasi pada gambar dan foto tersebut. Pekerjaan baru buat para rekan2 OPS berhubung karena fitur edit foto apikasi padamu negeri KEMENDIKBUD dibuka kembali karena tahun lalu fitur ini sempat tutup dan sekarang OPS sekolah di wajibkan memasukkan foto PTK dan foto PD. 

Naaahh... Kendala yang dihadapi sebagian OPS harus memasukkan foto dengan ukuran tertentu Boleh jadi,,,,,,, boleh jadi,,,,, boleh jadi,,,,,, ukuran foto yang kita masukkan terlalu besar atau kecil sehingga foto yg ingin kita upload di tolak atau gagal. contoh di layanan Padamu negeri ukuran foto yang diijinkan hanya 250 x 400 pixel


kali ini Hanya sekedar ingin berbagi  cara sederhana untuk mengedit memperbesar atau memperkecil foto dengan menggunakan aplikasi bawaan dari windows yaitu PAINT. 

Cara Memperkecil foto :
  • Klik start   _>  Search  PAINT
  • Klik  PAINT setelah terbuka pilih open pada menu bar __>   open kemudian pilih  foto yang akan di ubah ukurannya.

  • Setelah gambar terbuka pilih _> Resize _>  klik Pixel _> masukkan ukuran foto yang anda inginkan _>  setelah memasukkan ukuran Klik Ok.. lihat gambar dibawah
  • Jika ingin mengecilkan ganti ukuran  dengan yg lebih kecil. Kemudian sebaliknya, jika ingin memperbesar tinggal ganti  dengan ukuran yang lebih besar.
  • Setelah ukuran dirasa pas, untuk menyimpan pilih file  _>  save as   _> tulis nama file yang akan disimpan. Save as digunakan karena jika sewaktu2 masih ingin melakukan editing, gambar atau foto yang asli masih tersimpan. 
Demikian cara Mengubah memperbesar atau memperkecil ukuran gambar, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan OPS dan rekan - rekan selain OPS..

Hanya sekedar ingin berbagi
Artikel Terkait
Comments
0 Comments

0 komentar:

Pilih Berita