Tuesday, March 04, 2014

Tahun depan Pelamar CPNS guru wajib bergelar Gr

Untuk melamar CPNS baru formasi guru tidak bakal mudah. Gelar S.Pd. (sarjana pendidikan) tidak berlaku. Pelamar CPNS guru wajib bergelar guru profesi (Gr.). 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, sarjana fakultas kependidikan yang bergelar S.Pd. itu belum bisa disebut sebagai guru profesi. Karena itu, mereka tidak boleh melamar CPNS baru formasi guru. Sistem ini sama dengan profesi dokter. Di mana, pelamar CPNS dokter umum tidak cukup bermodal sarjana kedokteran (S.Ked.), tapi harus dokter profesi (dr.).

Namun, Nuh menuturkan, aturan baru melamar menjadi CPNS guru wajib bergelar Gr. itu belum diterapkan dalam seleksi CPNS tahun ini 2014. Seperti diberitakan, rencananya tes CPNS tahun ini digelar antara Juni–Juli.  ’’Sekarang masih masa transisi. Masih banyak guru yang sudah mengajar, tapi belum mendapat sertifikat guru profesi,’’ katanya.

Aturan baru tentang skema melamar CPNS guru ini paling cepat diterapkan pada seleksi CPNS tahun depan. Sebab, Kemendikbud ditargetkan menuntaskan sertifikasi profesi guru yang sudah mengajar tahun depan. Ketika target tadi sudah tuntas, profesi guru bisa diraih dengan sekolah tambahan atau dikenal dengan nama program profesi guru prajabatan (PPG).

Nuh menegaskan bahwa program PPG itu tidak hanya diikuti oleh sarjana kependidikan. Tapi, program mencetak guru profesional ini juga boleh diikuti oleh sarjana non-kependidikan. “Tahun lalu, MK (Mahkamah Konstitusi) sudah memutuskan bahwa sarjana non-kependidikan boleh menjadi guru profesional,” ujarnya.  (posmetrobatam)

Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Lama PPG akan disamakan dengan pendidikan profesi lainnya. Pihak LPTK berwenang mengeluarkan sertifikat profesi guru di akhir masa studi. (SekolahDasar.Net)

Sumber : postmetrobatam | SekolahDasar.Net
Artikel Terkait
Comments
0 Comments

0 komentar:

Pilih Berita