Thursday, May 22, 2014

VerVal NISN


Silahkan  Cek NISN siswa di link Verifikasi dan Validasi ayo di cek & ricek lagi ke benaran data tersebut pastikan bahwa data sesuai dengan data di Dapodik.

  1. Untuk LogIn masukkan Username dan Password yang sama seperti anda login di App Dapodik sekolah anda.
  2. Jika berhasil Login Klik Referensi maka tampilan laman  seperti dibawah ini 
  3. NISN siswa akan tampil seperti gambar diatas, untuk mengecek keabsahan data siswa tersebut klik Residu kemudian cocokkan data siswa, samakan dataNya dengan kolom atas dan data yang berada dikolom bawah  (Kolom atas data DAPODIK & Kolom Bawah data pada server NISN PDSP) 
  4. Jika data siswa (nama, tempat lahir, ibu kandung) cocok atau sesuai dengan data yang dikolom bawah maka klik "Match" sebaliknya jika data siswa tersebut tidak cocok atau sesuai maka klik " Not Macth" lihat gambar dibawah  : 
    "Not Match"

    "Match"
Jika data siswa ditemukan seperti gambar "Match" diatas artinya data siswa tersebut sudah benar sudah terdaftar telah memilik NISN silahkan klik "Match". Jika sebaliknya data siswa yang kita search tidak ditemukan atau tidak ada data yang sama persis berarti siswa tersebut belum memiliki NISN maka perlu mengKlik "Not Match" untuk dibuatakan NISN.   
Intinya data yang ada di tab RESIDU hanya data penampungan sementara yang perlu di verifikasi oleh rekan OPS. Data yang ada di dalam tab RESIDU tersebut artinya siswa itu telah memilik NISN namun data siswa tersebut ada kesalahan misal : Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Nama Ibu Kandung tidak sesuai dengan data yang sebetulnya di Dapodik dan PDSP, atau siswa tersebut belum pernah memilik NISN. Data yang telah di "Match" atau "Not Match" berarti datanya  sudah Valid atau tidak ada masalah lagi akan dipindahkan  ke Tab Referensi. 

Jika data siswa tidak ditemukan atau anda ragu karena setelah klik nama siswa tersebut muncul beberapa rekomendasi nama siswa yang hampir2 sama, maka untuk memastikan klik "Search Next" hingga beberapa kali. Jika hingga sampai pencarian 1,2,3,4,5 data tersebut tidak ada yang sama maka tidak ragu lagi untuk mengKlik "No Match" lihat gambar dibawah:


Hingga  pencarian 1,2,3,4,5 data tersebut tidak ada yang sama maka tidak ragu lagi untuk mengKlik "No Match"


NB.
  • Cek data siswa di Tab Residu dengan teliti pastikan sesuai prosedur diatas
  • Jika di Tab Residu terdapat perbedaan data siswa (Tgl lahir, Tempat lahir dll) yang anda search maka perbaiki data siswa tersebut di app Dapodik dengan cara data siswa tersebut di hapus  (karena data terkunci) lalu masukkan ulang (entri ulang) lalkukan Sync Kan Dapodik anda. setelah di Sinkronisasi silahkan cek lagi data siswa di VerVal terus di "Match" kan lagi data siswa tersebut.
Selamat bekerja rekan2 OPS. silahkan Cek dan Ricek data NISN siswa anda..






Artikel Terkait
Comments
0 Comments

Pilih Berita