Tuesday, May 20, 2014

Penguncian Data PTK di P2TK DIKDAS dan Data PTK Nama & Tgl lahir di DAPODIK

Mengapa data PTK di P2TK Dikdas dikunci ????  berikut penjelasan dikutip dari Blog Bpk Nazarudin Kompetan  (Pemprograman Direktorat P2TK DIKDAS Kemendiknas) | Juni 03 2013. 

SKTP sudah banyak yang terbit, bahkan ada yang sudah cair dan syukuran  karena dananya sudah bisa digunakan untuk menambah uang masuk anak ke sekolah pilihan.  Tapi memang masih banyak juga yang belum terbit apalagi cair bahkan data di dapodik datanya tidak valid. Itu permasalahan umum yang banyak terjadi, bisa karena kurang jam mengajar dan sebagainya.

Keterbukaan dapodik dengan keadaan sekolah yang bermacam - macam diharapkan dapat menampung data yang memang beraneka ragam juga sehingga data real  sekolah dapat terbaca dipusat. Tetapi ternyata keterbukaan tersebut juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengakali data dengan tujuan untuk meloloskan guru-guru tertentu utuk dapat menerima SKTP.

Karena indikasi itu sudah banyak terdeteksi dan dapodik memang tidak bisa mengunci data pada aplikasi baik yang disekolah maupun yang dipusat, maka P2TK yang berkepentingan dengan data guru tentang penerbitan SKTP melakukan penguncian data bagi guru-guru yang sudah terbit SKTPnya.

Sekali lagi ditegaskan bahwa Penguncian data hanya untuk guru yang sudah keluar SKTPnya, sehingga data guru yang lain tidak terpengaruh kecuali guru yang menggunakan jam yang sama dengan guru yang sudah terbit SKTPnya. (Nazarudin Kompetan | Juni.03.2013) http://nazarukompetan.blogspot.com/2013/06/penguncian-data-ptk-di-p2tk-dikdas.html

http://nazarukompetan.blogspot.com/2013/06/penguncian-data-ptk-di-p2tk-dikdas.html
lalu mengapa Data PTK (Nama & Tanggal lahir ) di DAPODIK di kunci ??? berikut alasan sehingga Data PTK  pada Dapodik Patch 207 dikunci.  "dikutip dari Blog KKG Rayon 1 Jaro"

data PTK Info Nama dan TTL dikunci pada Dapodik 207. Pada sistem Database mesin membaca sebuah  data bukan berdasarkan teks melainkan kode primary key yang dinamakan Global Uique Indentifier (GUID). Cara kerjanya berbeda dengan manusia yang mengindentifikasi pemilik data melalui nama sehingga ketika operator mengubah sebuah identitas masin tak "mengakuinya" dan tetap mengidentifikasi pemilik identitas baru sebagai identitas lama. Pengubahan identitas tersebut mengakibatkan inkonsitensi data terekam di sistem Database. "Selama mesin membolehkan manusia melakukan pengubahan,mereka melakukannya. Apalagi aplikasi itu digunakan secara massal".

Contoh :
 Misal ada guru yang dimutasi, Operator tinggal menempatkan pada isian PTK keluar. Operator malah melakukan kesalahan yakni mengganti identitas guru yanng mutasi dengan identitas guru yang baru masuk.“Mungkin karena ketidak pahaman mereka, "ucap Yusuf Rokhmat, M.T., staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . http://kkgjaro.blogspot.com/2014/05/mengapa-nama-pd-dan-ptk-dikunci-ini.html
Artikel Terkait
Comments
0 Comments

0 komentar:

Pilih Berita