Jadwal Tes CPNS MOLOR dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2014

Jadwal Tes CPNS 2014
Seleksi CPNS (Calon pegawai negeri sipil) tahun 2014 dikabarkan akan dimulai pada pekan ketiga bulan juni ini, Seperti yang dikabarkan situs resmi lowongankerja15.com bahwa Pemerintah akan merencanakan Seleksi CPNS 2014 secara tidak serentak pada bulan juni sebelum pemilihan presiden, Namun jadwal tersebut diundurkan kembali.

Informasi ini telah dipertegas oleh Bapak Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Beliau mengatakan bahwa memang dulunya pemerintah akan menjadwalkan Rekrutmen CPNS pada akhir bulan juni ini apalagi telah banyak instansi pemda atau pemko yang sudah mengajukan usulan formasi kepada pusat, Namun beliau menuturkan bahwa Tes CPNS akan diundurkan setelah usai Pilpres. Jadwal yang tepat dalam pengadaan CPNS tahun 2014 memang pada bulan juli mendatang setelah pemilu selesai. Jadwal CPNS 2014 ini dirasa sangat Fair karena lebih tepat bagi pemerintah RI dalam melaksanakan pesta demokrasi yang berlangsung 9 Juli mendatang, Agar nantinya para semua peserta CPNS lebih tenang yang awal juli masih diwarnai hiruk pikuk pelaksanaan pilpres. Kemudian Dampak positifnya agar semua rekrutmen tidak bisa dipolitisi hal - hal yang tidak diingikan. KemenPAN-RB telah mempertimbangkan usulan agar semua pelaksanaan CPNS nantinya akan dijadwalkan setelah pemilu agar suasananya lebih tenang. 

Sementara itu Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS dengan kuota sebanyak 100 ribu kursi yang meliputi pelamar umum dan PPPK. Untuk kuota CPNS pelamar umum pemerintah mengalokasikan kuota sebanyak 40.000 kursi untuk daerah dan 20.000 kursi untuk jatah dipusat. Dan Bapak Setiawan Wangsaatmaja  mengatakan bahwa pelaksanaan Ujian tes nantinya tidak lagi serentak melainkan tesnya berlangsung setiap hari selama 2 bulan. Beliau menambahkan, Pemerintah juga menegaskan bahwa pelaksanaan CPNS tahun 2014 tidak lagi memakai sistem LJK namun diwajibkan semua memakai sistem computer assisted test (CAT)

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2014

Kriteria dan persyaratan dalam penerimaan CPNS 2014 seperti yang dikatakan oleh Bapak Herman Suryatman selaku Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparartur  Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Beliau mengatakan bahwa Persyaratan CPNS Tahun 2014 akan lebih gampang karena akan mendaftar dengan cara online, Jadi tidak lagi menggunakan surat lamaran yang dikirimkan lewat pos atau membawa ke instansi yang dituju. Pemangkasan persyaratan CPNS 2014 dimaksudkan untuk lebih mempermudah para peserta CPNS agar lebih fokus terhadap persiapan dan mengikuti testing seleksi CPNS tanpa harus dibebani dalam mengurusin persyaratan administratif. Persyaratan yang juga dipermudah selain surat lamaran adalah surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan kartu kuning dan Surat keterangan Dokter. Persyaratan CPNS tersebut akan diminta setelah sipelamar sudah diterima sebaga CPNS. Kebijakan ini diambil untuk lebih memberikan kemudahaan dalam perepotan yang selama ini dinilai masih terbelengkala dalam pengurusannya. Terbukti dalam mengurus surat keterangan tersebut memerlukan waktu yang tidak cepat, Mau selama dua hari bisa juga sampai berhari-hari. Bahkan dalam pengurusan persyaratan SKCK, Kartu kuning dan lainnya tersebut memerlukan biaya administrasi padahal peserta belum tentu lulus dalam seleksi CPNS.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jadwal Tes CPNS MOLOR dan Persyaratan Pendaftaran CPNS 2014"